website page counter

DAFTAR MATAKULIAH

PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI BISNIS

TA 2014/2015

       

Semester 1

     

No

Kode MK

MATAKULIAH

SKS

Prasyarat

1

UPN-4010

Bahasa Inggris

3

 

2

PBI-2004

Dasar-Dasar Akuntansi

2

 

Praktikum Dasar-Dasar Akuntansi

1

 

3

PBI-2105

Filsafat Bisnis

2

 

4

UPN-1006

Pancasila

3

 

5

UPN-1000

Pendididikan Agama

2

 

Praktikum (Mentoring)

1

 

6

PBI-2011

Pengantar Ilmu Administrasi Bisnis

3

 

7

FSP-2003

Pengantar Ilmu Politik

3

 

 

 

Total:

20

 

         
         

Semester 2

     

No

Kode MK

MATAKULIAH

SKS

Prasyarat

1

UPN-4111

Bahasa Inggris Bisnis

2

 

2

FSP-4002

Ilmu Kealaman Dasar

3

 

3

UPN-1107

Kewarganegaraan

3

Pancasila

4

PBI-2015

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

3

 

5

UPN-1009

Bahasa Indonesia

3

 

6

FSP-4001

Ilmu Sosial Budaya Dasar

3

 

7

PBI-2116

Teori Organisasi & Administrasi

3

Piabis

 

 

Total:

20

 

         
         

Semester 3

     

No

Kode MK

MATAKULIAH

SKS

Prasyarat

1

PBI-2003

Berpikir Sistem

2

 

2

FSP-2005

Pengantar Statistik Sosial

3

 

3

PBI-2107

Keuangan Bisnis

2

Piabis

Praktikum Keuangan Bisnis

1

4

PBI-2114

Sumber Daya Manusia

2

Piabis

Praktikum Sumber Daya Manusia

1

5

UPN-1108

Pendidikan Bela Negara

2

Kewarganegaraan

Praktikum Pendidikan Bela Negara

1

6

PBI-3022

Perencanaan & Pengembangan Bisnis

3

 

7

PBI-5106

Perilaku Organisasi

3

T. Org & Adm

 

 

Total:

20

 

         
         

Semester 4

     

No

Kode MK

MATAKULIAH

SKS

Prasyarat

1

PBI-2110

Pemasaran

2

Piabis

Praktikum Pemasaran

1

2

PBI-2101

Analisis Lingkungan Bisnis

3

Piabis

3

UPN-4013

Kewirausahaan

2

Piabis

Pratikum Kewirausahaan

1

4

PBI-3114

Manajemen Investasi

2

Piabis

Praktikum Manajemen Investasi

1

5

FSP-2106

Metode Penelitian Sosial

3

Berpikir Sistem

6

PBI-2113

Sistem Informasi Bisnis

2

Piabis

Praktikum Sistem Informasi Bisnis

1

 

 

Total:

18

 

         
         

Semester 5

     

No

Kode MK

MATAKULIAH

SKS

Prasyarat

1

PBI-3103

Bisnis Internasional

2

Piabis

Praktikum Bisnis Internasional

1

2

UPN-4112

Kepemimpinan

3

Piabis

3

PBI-3012

Kreativitas dan Inovasi

3

 

4

PBI-3121

Pemodelan Bisnis

3

Piabis

5

FSP-5109

Praktek Magang

2

 

6

PBI-2109

Operasi Bisnis

2

 

Praktikum Operasi Bisnis

1

 

7

PBI-2106

Kebijakan dan Strategi Bisnis

2

 

Praktikum Kebijakan dan Strategi Bisnis

1

 

 

 

Total:

20

 

MATAKULIAH PILIHAN

1

PBI-3001

Administrasi Perpajakan

2

 

2

PBI-3102

Akuntansi Bisnis

3

Dsr-Dsr Akuntansi

3

PBI-3007

e-Business

3

 

4

PBI-3109

Hubungan Industrial

2

SDM

5

PBI-3126

Strategi Pemasaran Global

3

Pemasaran

Total:

13

 

         
         

Semester 6

     

No

Kode MK

MATAKULIAH

SKS

Prasyarat

1

UPN-4120

Kuliah Kerja Nyata (KKN)

2

 

2

PBI-3106

Cyber Marketing

2

Pemasaran

3

PBI-3121

Pemodelan Bisnis

3

Piabis

4

PBI-2017

Teori Pengambilan Keputusan

3

 

5

PBI-5003

Komunikasi Bisnis

3

 

6

PBI-5001

Etika Bisnis

3

 

7

PBI-3124

Seminar Kebijakan & Strategi Bisinis

3

KSB

 

 

Total:

19

 

MATAKULIAH PILIHAN

1

PBI-3108

Ekspor-Impor

2

Bisnis Int.

2

PBI-3015

Manajemen Kinerja

3

 

3

PBI - 5005

Pendidikan Anti Korupsi

2

 

4

PBI-3125

Statistik Bisnis

3

 

5

PBI-3123

SDM Internasional

3

SDM

Total:

13

 

         

Semester 7

     

No

Kode MK

MATAKULIAH

SKS

Prasyarat

 

 

 

 

 

1

PBI-5004

Negosiasi Bisnis

3

 

2

PBI-4005

Praktek Bisnis di Indonesia

3

 

3

PBI-5009

Studi Ekskursi

3

 

 

 

Total:

9

 

 

 

MATAKULIAH PILIHAN

 

 

1

PBI-3005

Bisnis Ritel

2

 

2

PBI-3018

Manajemen Produktivitas

3

 

3

PBI-3013

Manajemen Event

3

 

4

PBI-3016

Manajemen Pengetahuan

3

 

5

PBI-3110

Keuangan Internasional

3

Keua. Internasional

 

 

Total:

9

 

         

Semester 8

     

No

Kode MK

MATAKULIAH

SKS

Prasyarat

 

 

 

 

 

1

PBI-5108

Skripsi

6

 

 

 

Total:

6

 

 

 

MATAKULIAH PILIHAN

 

 

1

PBI-3004

Bisnis Pariwisata

2

 

2

PBI-3017

Manajemen Perubahan

2

 

3

PBI-3120

Pasar Modal

2

Keuangan Bisnis

 

 

Total:

6

 

 


 

DAFTAR MATA KULIAH

PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI BISNIS

TA 2014/2015

 

MPK

       

 

No.

Kode MK

MATA KULIAH

SKS

KET

 

1

UPN 1000

Pendidikan Agama

3

Wajib

 

2

UPN 1006

Pancasila

3

Wajib

 

3

UPN 1107

Kewarganegaraan

3

Wajib

 

4

UPN 1009

Bahasa Indonesia

3

Wajib

 

5

UPN 1108

Pendidikan Bela Negara

3

Wajib

 

 

 

 

15

 

 

         

 

 

MKK

       

 

No.

Kode MK

MATA KULIAH

SKS

KET

 

1

UPN 4010

Bahasa Inggris

3

Wajib

 

2

PBI 2004

Dasar-Dasar Akuntansi

3

Wajib

 

3

PBI 2011

Pengantar Ilmu Administrasi Bisnis

3

Wajib

 

4

PBI 2003

Berpikir Sistem

2

Wajib

 

5

PBI 2105

Filsafat Bisnis

2

Wajib

 

6

FSP 2005

Pengantar Statistik Sosial

3

Wajib

 

7

PBI 2114

Sumberdaya Manusia

3

Wajib

 

8

PBI 2015

Teknologi Informasi & Komunkasi

3

Wajib

 

9

PBI 2116

Teori Organisasi & Administrasi

3

Wajib

 

10

FSP 2106

Metode Penelitian Sosial

3

Wajib

 

11

PBI 2110

Pemasaran

3

Wajib

 

12

PBI 2106

Kebijakan & Strategi Bisnis

3

Wajib

 

13

PBI 2107

Keuangan Bisnis

3

Wajib

 

14

PBI 2109

Operasi Bisnis

3

Wajib

 

15

PBI 2113

Sistem Informasi Bisnis

3

Wajib

 

16

PBI 2101

Analisis Lingkungan Bisnis

3

Wajib

 

17

18.

PBI 2017

UPN 4111

Teori Pengambilan Keputusan

Bahasa Inggris Bisnis

3

2

Wajib

Wajib

 

 

 

 

51

 

 

 

 

 

 

 

 

    MKB

         

                  No.

Kode   MK

MATA KULIAH

SKS

KET

 

                    1

PBI 3001

Administrasi Perpajakan

2

Pilihan

 

                    2

PBI 3022

Perencanaan & Pengembangan Bisnis

3

Wajib

 

                    3

PBI 3125

Statistik Bisnis

3

Wajib

 

                    4

UPN 4013

Kewirausahaan

3

Wajib

 

                    5

PBI 3012

Kreativitas & Inovasi

3

Wajib

 

                    6

PBI 3119

Metode Penelitian Bisnis

3

Wajib

 

                    7

PBI 3102

Akuntansi Bisnis

3

Pilihan

 

                    8

PBI 3106

Cyber Marketing

2

Wajib

 

                    9

PBI 3007

e-Business

3

Pilihan

 

                  10

PBI 3109

Hubungan Industrial

2

Pilihan

 

                  11

PBI 3013

Manajemen Event

3

Pilihan

 

                  12

PBI 3114

Manajemen Investasi

3

Pilihan

 

                  13

PBI 3016

Manajemen Pengetahuan

3

Pilihan

 

                  14

PBI 3103

Bisnis Internasional

3

Wajib

 

                  15

PBI 3121

Pemodelan Bisnis

3

Wajib

 

                  16

PBI 3126

Strategi Pemasaran Global

3

Pilihan

 

17

PBI 3004

Bisnis Pariwisata

2

Pilihan

 

18

PBI 3005

Bisnis Ritel

2

Pilihan

 

19

PBI 3110

Keuangan Internasional

3

Pilihan

 

20

PBI 3015

Manajemen Kinerja

3

Pilihan

 

21

PBI 3017

Manajemen Perubahan

2

Pilihan

 

22

PBI 3018

Manajemen Produktivitas

3

Pilihan

 

23

PBI 3120

Pasar Modal

2

Pilihan

 

24

PBI 3108

Ekspor-Impor

2

Pilihan

 

25

PBI 3123

SDM Internasional

3

Pilihan

 

26

PBI 3124

Seminar Kebijakan & Strategi Bisnis

3

Wajib

 

 

 

 

70

 

 
           

MBB

         

No.

Kode MK

MATA KULIAH

SKS

KET

 

1

FSP 4001

Ilmu Sosial Budaya Dasar

3

Wajib

 

2

FSP 2003

Pengantar Ilmu Politik

3

Wajib

 

3

FSP 4002

Ilmu Kealaman Dasar

3

Wajib

 

4

UPN 4120

Kuliah Kerja Nyata

2

Wajib

 

5

PBI 4005

Praktek Bisnis di Indonesia

3

Wajib

 

 

 

 

14

 

 
 

 

 

 

 

       

MPB

         

No.

Kode MK

MATA KULIAH

SKS

KET

 

1

PBI 5001

Etika Bisnis

3

Wajib

 

2

PBI 5106

Perilaku Organisasi

3

Wajib

 

3

UPN 4112

Kepemimpinan

3

Wajib

 

4

PBI 5003

Komunikasi Bisnis

3

Wajib

 

5

PBI 5005

Pendidikan Anti Korupsi

2

Pilihan

 

6

FSP 5109

Praktek Magang

2

Wajib

 

7

PBI 5004

Negosiasi Bisnis

3

Wajib

 

8

PBI 5108

Skripsi

6

Wajib

 

9

PBI 5009

Studi Ekskursi

3

Wajib

 

 

 

 

28

 

 
           
           
     

178

   
           
           

Kurikulum Inti

Kurikulum Institusional

:

:

99 sks                 0,6875

 45 sks                 0,3082

144 sks

     
           
           
           
                 

 

Mata kuliah wajib                                                        :                            132 sks                 0,9166666  

Mata kuliah pilihan                                                      :                           12 sks                      0,0833333

                                                                                                                         144 sks

 

·         Syarat Minimum Kelulusan                       :                           144 sks

·         Syarat Maksimum Kelulusan                    :                        160 sks

·         Sks Mata Kuliah Wajib                                 :                        132 sks

·         Sks Mata Kuliah Pilihan (Min)                   :                             12 sks

·         Sks Mata Kuliah Pilihan (Maks)                :                           28 sks

·         Sks MK yang ditawarkan                            :                           46 sks

·         Perbandingan MK Pilihan

Yang ditawarkan dgn MK Pilihan

               Yang  harus diambil                                        :                         46/12     = 3,83                       

 

 

 

SILABUS MATA KULIAH INTI

Prodi Ilmu Administrasi Bisnis

KELOMPOK MPK

 

1.      Pendidikan Agama,  (3 SKS)

 

Mata kuliah ini membentuk karakteristik mahasiswa yang memiliki religiositas melalui pendalaman akan makna agama dan beragama.

 

Setelah Mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami dan mengoperasikan bisnis sesuai dengan kaidah agama masing-masing

 

2.      Filsafat Bisnis (2 SKS)

 

Mata kuliah ini mempelajari dasar-dasar filosofi kegiatan bisnis yang merupakan kegiatan social dan cultural manusia.

 

Dalam matakuliah ini, aktifitas bisnis dapat dilihat sebagai manifestasi dorongan hidup manusia (vital impetus) untuk mempertahankan hidup, untuk hidup baik, dan untuk hidup lebih baik lagi (to keep alive, to live well, and to live better). Pasar dilihat sebagai institusi yang relevan untuk mewujudkan tujuan hidup ini, melalui pembagian kerja (division of labour) yang efisien dan pertukaran (exchange) yang memuaskan semua pihak. Profit dilihat sebagai “tujuan antara” dalam rangka mencapai tujuan hidup berupa mempertahankan hidup, hidup baik, dan hidup lebih baik lagi. Hakikat aktivitas bisnis sendiri mengandalkan “yang lain yang sejahterah” (propoerous others). Kegiatan bisnis tidak akan berjalan, atau sangat ekslusif berlangsungnya, bila orang-orang lain tidak sejahtera. Dengan kata lain, tujuan bisnis ialah “kesejahteraan bersama” atau tercapainya “tujuan hidup” semua pihak. Manusia sebagai makhluk ekonomi (homo economicus) harus diletakkan dalam konteks yang holistic, yaitu manusia sebagai makhluk rasional (animal rationale) dan sebagai makhluk social (ens sociale).

 

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami dan menghayati bahwa kegiatan bisnis adalah kegiatan social dan kulturan manusia.

 

 

3.      Kepemimpinan (leadership) (3 SKS)

 

Mata kuliah ini membahas fungsi dan peran pemimpin dalam organisasi bisnis.

 

Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para mahasiswa untuk mampu mengeksekusi berbagai peran kepemimpinan dalam organisasi yang meliputi proses mengartikulasikan visi bersama, membangun akuntabilitas dan kepercayaan, penyelarasan wawasan, pemberian motivasi dan inspirasi bagi kelompok dalam mensinergikan potensi.

 

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan menjalankan fungsi dan peran kepemimpinan dalam bisnis.

 

4.      Pancasila (3 SKS)

         Melalui mata pelajaran ini para mahasiswa diharapkan akan dapat memahami substansi falsafah Pancasila berikut perkembangannya menjadi ideologi yang memenuhi syarat sebagai kaidah fundamental negara. Pembahasan-pembahasan yang dikembangkan dalam mata ajaran ini meliputi pengertian Pancasila, UUD 1945, Kedudukan dan Fungsi Pancasila, Pancasila sebagai sistem, filsafat, dan ideologi Pancasila.

5.      Pendidikan Bela Negara (3 SKS)

         Mata Kuliah Pendidikan Bela Negara merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa UPN "Veteran" Jawa Timur, yang berisi tentang konsep, teori, dan aplikasi bela negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa diharapkan menjadi mahasiswa yang memiliki mental, jati diri, dan kepribadian yang kental dengan nilai kejuangan dan kebangsaan sebagai generasi penerus calon pemimpin masa depan dan juga diharapkan akan menjadi lulusan yang handal, cerdas intelektual, emosi, 'spiritual dan punya wawasan kebangsaan serta bersenjatakan ilmu untuk membantu membela harkat dan martabat bangsa dan negara.

 

 

KELOMPOK MKK

 

6.      Berpikir Sistem (2 Sks)

 

Matakuliah ini membahas prinsip-prinsip dan pendekatan berpikir system dan aplikasinya di dalam pengelolaan bisnis, berbagai struktur dasar dan arketipe system dalam berbagai persoalan bisnis, dinamika masing-masing arketipe, kontruksi model-modelnya, dan kemudian membahas pemodelan dengan perangkat lunak serta simulasi berbagai alternative yang berbeda.Mata kuliah ini berisi pemikiran system untuk pemecahan masalah secara kesisteman di dalam organisasi dan bisnis seperti : production and inventory, project dynamics, short-term and long term policies, commodity cycles, perencanaan strategik, pengembangan kepemimpinan, perancangan ulang organisasi, dan perbaikan proses bisnis. Termasuk ke dalam focus ini adalah implementasi perubahan dan membangun serta mempertahankan kinerja organisasi yang sustainable.Setelah mengikuti mata kuliah mahasiswa diharapkan mampu berpikir sistematik dalam pengelolaan bisnis.

 

 

7.      Kreativitas dan Inovasi ( 3 Sks)

 

Matakuliah ini memberikan pengetahuan tentang hakekat kreativitas dan inovasi, memberikan pemahaman tentang kondisi-kondisi yang merangsang serta m proses dan dalam pengelolaan organisasi bisnis.Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa memiliki kesadaran, pengetahuan serta kemampuan untuk mengembangkan daya kreativitas dan inovasi dalam pengelolaan organisasi (bisnis).

 

 

8.      Kewirausahaan (3 Sks)

 

Mata kuliah ini membahas bagaimana menciptakan dan mengembangkan usaha agar dapat menjadi wirausaha yang berhasil dan beretika.Oleh karena itu dibahas tentang inti dan hakekat Kewirausahaan, disiplin ilmu, obyek studi, dan perkembangannya, karakteristik dan ciri umum kewirausahaan, factor-faktor pemicu, model, proses, tahapan, keberhasilan dan kegagalan, Ide dan sumber wirausaha, cara memasuki dunia usaha, pengelolaan dunia usaha, kompetensi dan srategi, pembuatan studi kelayakan dan etika bisnis dan prinsip-prinsip usaha yang baik. Juga dipresentasikan hasil kunjungan ke perusahaan agar dapat membedakan dunia nyata dengan teori, sehingga diharapkan mahasiswa mempunyai kemampuan soft skills.Melalui matakuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep-konsep Kewirausahaan, menerapkan dan mengembangkan. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan dapat membantu mengarahkan dan mengembangkan para Wirausahawan dan tidak menutup kemungkinan untuk turut serta berpartisipasi dalam kegiatan Wirausaha mandiri.

 

 

9.      Kebijakan dan Strategi Bisnis (3 Sks)

 

Matakuliah ini membahas visi organisasi dengan focus pada penentuan arah strategik sumber keunggulan bersaing perusahaan, dan proses manajemen strategik ; mencangkup aspek analitis, perilaku, dan aspek lingkungan bisnis. Kajian matakuliah ini menyatukan seluruh keahlian fungsional, misalnya : keuangan, pemasaran, sumber daya manusia secara integratif. Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa diharapkan memahami komplesitas masalah-masalah organisasi multifungsi, peran penting pimpinan puncak (CEO) serta merumuskan strategi dan kebijakan bisnis dalam menghadapi persaingan.

 

 

10.  Teori Pengambilan Keputusan (3 Sks)

 

Mata kuliah ini membahas teknik-teknik kuantitatif dalam pengambilan keputusan manajerial di bidang organisasi bisnis.Pokok bahasannya adalah memahami peranan penting dan manfaat beberapa teknik-teknik kuantitatif dalam pengambilan keputusan organisasi, seperti program linier, transportasi dan penugasan, teori persediaan, PERT dan CPM, teori Pengambilan Keputusan, teori Markov, dan Program Dinamis serta membahas peran intuisi dalam pengambilan keputusan.

 

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu menerapkan teknik-teknik kuantitatif untuk menganalisis permasalahan bisnis.

 

 

11.  Teori Organisasi dan Administrasi (3 Sks)

 

Mata kuliah teori organisasi dan administrasi bisnis membahas tentang pengertian organisasi, elemen-elemen utama yang mempengaruhi organisasi, peran administrasi dalam kehidupan organisasi dan perbedaan antara administrasi dan manajemen dalam setiap aspek kehidupan organisasi.Isi mata kuliah ini mencangkup evolusi teori organisasi dan administrasi bisnis ; organisasi public vs organisasi bisnis; lingkungan organisasi; strategi organisasi; pengambilan keputusan, kekuasaan dan politik dalam organisasi; daur kehidupan dan pertumbuhan organisasi; teknologi organisasi; struktur dan perancangan struktur organisasi; dan perubahan organisasi. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa memahami konsep organisasi bisnis, administrasi, dan managemen serta perbedaan peran administrasi dan managemen dalam kehidupan organisasi.

 

 

12.  Pengantar Ilmu Administrasi Bisnis (3 Sks)

 

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai ilmu administrasi bisnis, yang meliputi teori Administrasi dan fungsi-fungsi bisnis.Materi yang disajikan dalam mata kuliah ini meliputi pengertian bisnis, pengertian peran entrepreneur, manajer dan karyawan dalam bisnis, lingkungan bisnis, etika dan hukum bisnis, kepemimpinan dan komunikasi dalam bisnis, pengelolaan manusia dan kelompok, struktur dan kultur organisasi, teknologi informasi, pemasaran, manajemen penjualan dan hubungan pelanggan, manajemen operasi, manajemen sumber daya manusia, dan akuntansi dan keuangan. Dalam mata kuliah ini dibahas pula kaitan antara bisnis dengan lingkungannya, kompleksitas yang dihadapi dunia bisnis dewasa ini, serta arah perkembangan ilmu administrasi bisnis dalam dunia yang cepat berubah dewasa ini.Sesudah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan bisa memahami dan menerapkan teori dan konsep administrasi bisnis terkini untuk membuat keputusan-keputusan bisnis dengan memperlihatkan keterkaitan bisnis dengan pemangku kepentingan serta tantangan dan dinamika yang ada dalam lingkungan bisnis.

 

 

13.  Keuangan Bisnis (3 Sks)

 

Mata kuliah ini merupakan pengantar kearah fungsi keuangan bisnis (kebijakan pendanaan, kebijakan investasi dan kebijakan dividen). Tujuan utamanya untuk memberikan kerangka berpikir, konsep serta perangkat-perangkat untuk menganalisis keputusan keuangan berdasarkan prinsip dasar teori keuangan modern.Topik pembahasannya meliputi : discounted cash flow techniques; corporate capital budgeting and valuation, investment decisions under uncertainty, capital asset pricing, option, and market efficiency. Topik ini juga menganalisis corporate financial policy, including capital structure, cost of capital, dividend policy, and related issues.Setelah mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun fungsi-fungsi keuangan (financing, investing and dividend)

 

 

14.  Sumber Daya Manusia (3 Sks)

 

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang fungsi pengelolaan SDM dalam organisasi bisnis. Materi kuliah meliputi perencanaan, rekruitmen dan seleksi, penempatan, kompensasi, pengembangan dan pemberhentian. Dengan demikian mahasiswa dapat menganalisis permasalahan SDM dalam rangka menciptakan iklim budaya kerja yang baik, peningkatan kinerja, peningkatan kualitas SDM dan produktivitas kerja dalam menghadapi era baru yang ditandai dengan perkembangan teknologi yang sedemikian pesat dan maraknya globalisasi.Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat mengelola sumber daya manusia secara efektif dan efisien.

 

 

15.  Operasi Bisnis (3 Sks )

 

Mata kuliah ini membahas bagaimana mengelola teknologi operasi baik untuk perusahaan manufaktur atau perusahaan jasa.Mata kuliah ini berpusat pada persoalan dasar yang dihadapi oleh pimpinan perusahaan, yaitu mulai dari menerima masukan (input) dalam bentuk bahan baku dan mentransformasi secara efisien dan efektif menjadi produk (output) yang memuaskan konsumen. Topik yang dibahas meliputi : analisis kapasitas, lokasi, layout, material handling, tenaga kerja (work-force), penjadualan (scheduling), MRP (Material Requirement Planning).Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu merumuskan dan melaksanakan fungsi-fungsi operasi bisnis.

 

 

16.  Pemasaran (3 Sks)

 

Mata kuliah ini memberikan penjelasan dan pemahaman mengenai proses dan prinsip-prinsip pemasaran, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan konsep-konsep kunci kedalam situasi bisnis nyata.Di dalam kuliah akan dibahas kebijakan dasar dalam penyusunan bauran pemasaran yang terdiri dari strategi produk, harga, saluran distribusi dan promosi.Sesudah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan bisa menerapkan teori dan konsep pemasaran untuk membuat keputusan-keputusan pemasaran dalam organisasi bisnis dengan memperhatikan tantangan dan dinamika yang ada dalam lingkungan pemasaran.

 

17.  Dasar Akuntansi (3 Sks)

 

Mata kuliah Dasar-Dasar Akuntansi ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep akuntansi dan kegunaan laporan keuangan, tahapan-tahapan dalam siklus akuntansi untuk perusahaan jasa, perusahaan dagang dan perusahaan manufaktur.Mata kuliah ini membahas konsep dan siklus akuntansi, pencatatan siklus akuntansi dan pelaporannya.Melalui mata kuliah ini para mahasiswa diharapkan dapat membuat dan menyajikan serta menginterprestasikan informasi yang bersifat keuangan tersebut untuk keperluan pengambilan keputusan.

 

 

18.  Sistem Informasi Bisnis (3 Sks)

 

Mata kuliah ini memberikan kepada mahasiswa dasar pengetahuan dari teknologi informasi yang digunakan dalam sistem informasi yang berbasis komputer serta mengajarkan mahasiswa untuk menggunakan pengetahuannya untuk menganalisis bagaimana mengelola teknologi informasi dalam bisnis.

 

Mata kuliah ini membahas bagaimana proses bisnis (business process) dalam suatu organisasi dapat di desain dan keputusan bisnis dapat didukung dengan perspektif teknologi informasi.

 

Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami konsep informasi dan memproses data menjadi informasi yang bermanfaat untuk pengambilan keputusan bisnis.

 

 

19.            Pengantar Statistik Sosial (3 SKS)

         Mata ajaran ini memberikan dasar-dasar pengetahuan statistik kepada para mahasiswa, dimulai dari deskriptif dengan tujuan mengantar mahasiswa ke arah kemampuan menyusun data. Akan dipelajari beberapa pengetahuan dasar tentang statistika (hal macamnya dan kegunaannya dalam ilmu-ilmu sosial) dan pengertian-pengertian dasar (hal macamnya dan kegunaannya dalam ilmu-ilmu sosial) dan pengertian-pengertian dasar yang terpakai di dalamnya (induksi, generalisasi, populasi, sampel, obyektivitas). Kemudian disajikan hal matrik data dan variasi (yang kontinu dan yang diskrit), dan proses pengukuran berikut skala-skala yang dihasilkan (yang nominal, ordinal, interval, dan rasio).

 

20.   Analisis Lingkungan Bisnis (3 SKS)

         Mata kuliah ini mempelajari tentang lingkungan internal dan lingkungan eksternal yang mempengaruhi kinerja perusahaan. Pemahaman tentang lingkungan bisnis ini difokuskan pada penentuan kekuatan dan kelemahan organisasi bisnis serta identifikasi peluang Ian ancaman bagi perusahaan dalam perspektif penyusunan strategi dan kebijakan bisnis.

21.  Bahasa Inggris Bisnis (2 Sks)

 Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang cara berkomunikasi tulis dalam bahasa Inggris yang berhubungan dengan kepentingan bisnis. Penekanan mata kuliah ini pada kemampuan berkorespondensi, khususnya korespondensi bisnis dalam bahasa Inggris. Materi pokok meliputi the enquiry, replies to enquiries, offers, order, excution of order.

22.  Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)  (3 Sks)

 Memperkenalkan pada mahasiswa tentang pengenalan perangkat computer (pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi), istilah. istilah, teknik dan sistem komputer serta pengenalan dasar-dasar program komputer yang diharapkan mahasiswa memahami kegunaan praktis komputer. Proses kerja komputer dan masalah perangkat komputer. Disajikan pula cara kerja komputer, pengenalan software dan hardware, serta pengenalan program-program paket komputer.

23.  Metode Penelitian Sosial (3 Sks)

Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan akan dapat memperoleh bekal pengetahuan metodologi yang memadai dalam bidang penelitian sosial yang empirik. Akan mempelajari pengertian-pengertian penelitian dan dasar-dasar metodologinya, model-modelnya (yang dikembangkan menurut tujuan dan kegunaannya), persiapan design pengujiannya, penarikan sampelnya, pemilihan teknik koleksi datanya dan pembuatan instrument untuk observasi dan pengukuran, pengenalan lapangan dan berbagai permasalahan yang dikemukakan disitu, dan akhirnya juga hal pemilihan teknik pengolahan data serta metode untuk menganalisa data.

Kelompok MKB

 

 

24.  Pemodelan Bisnis (3 Sks)

 

Mata kuliah ini memberikan konsep-konsep fundamental tentang pemodelan proses bisnis. Materi pembahasan mencangkup manfaat pemodelan sistem, proses membangun model bisnis, pemodelan proses bisnis, context diagramming, verifikasi dan validasi model. Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa memiliki keterampilan mendisain model untuk kebutuhan bisnis.

 

 

25.  Perencanaan dan Pengembangan Bisnis (3 Sks)

 

Mata kuliah ini mengkaji teori dan aplikasi pengembangan bisnis. Lebih spesifik difokuskan kepada pengembangan bisnis yang kreatif dan inovatif serta memiliki kemungkinan pertumbuhan yang tinggi di masa depan.

Pembahasan mencangkup tiga unsur yang saling terkait : perancangan bisnis (business design), perencanaan bisnis (business plan), hingga persuasi serta penyajian proposal bisnis di depan para calon investor. Perspektif dan kerangka mata kuliah ini adalah untuk memahami bagaimana inovasi bisnis bisa membangkitkan growth dan economic value bagi perusahaan yang sudah mapan. Karena itu pula dibahas berbagai isu bisnis dan rancangan strategi serta praktek organisasi yang membawa pada keberhasilan bisnisnya.

 

Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa dapat menyusun rancangan bisnis dan pengembangannya.

 

 

26.  Administrasi Perpajakan (2 SKS)

         Memberikan dasar-dasar pada mahasiswa pengetahuan dalam Wang perpajakan yang berhubungan dengan kebijakan pemerintah. Memberikan pengertian akan hak dan kewajiban dalam bidang perpajakan sehingga timbul rasa kesadaran dan moral perpajakan yang tinggi dalam membayar pajak. Aspek-aspek yang akan dibahas pengertian clan fungsi pajak, tarif pajak, arti dan kedudukan pajak, stelsel pajak, atas pemungutan pajak, penagihan hutang pajak, berakhirnya hutang pajak, peradilan dalam hukum pajak dan ketentuan umum serta tata cara perpajakan (KUP).

27.  Statistik Bisnis (3 SKS)

         Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami Statistik Inferensial dan aplikasinya dalam bidang studi Administrasi Bisnis serta mampu menggunakan berbagai teknik analisis statistik sesuai dengan masalah yang dihadapi, Dalam mata kuliah ini akan diajarkan teori probabilitas, distribusi teoritis, pengujian hipotesis, teknik statistik para netrik dan statistik non parametrik.

28.  Akuntansi Bisnis  (3 SKS)

         Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami klasifikasi dan penetapan biaya dalam kegiatan perusahaan. Dalam mata kuliah ini akan dibahas tentang dasar-dasar dan bentuk laporan keuangan dalam akuntansi biaya, konsep dasar penggunaan dan klasifikasi biaya, prosedur pencatatan biaya, guna penghitungan biaya produk serta perencanaan dan pengawasan biaya, perhitungan biaya sebagai dasar pengambilan keputusan manajemen.

 

 

29.  Hubungan Industrial (2 SKS)

         Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa tentang ketentuan mengenai hubungan kerja antara pengusaha dan pekerja. Dalam mata kuliah ini akan dibahas tentang permasalahan ekonomi, politik, sosial budaya baik yang secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh terhadap hubungan antara pekerja dan pengusaha. Pokok bahasan mata kuliah ini antara lain mencakup pemutusan hubungan kerja, perlindungan pekerja, Penyelesaian Perselisihan Ketenagakerjaan, serta kedudukan Pancasila sebagai landasan ketentuan dalam hubungan industrial yang berlaku di Indonesia.

30.  Ekspor Impor (2 SKS)

       Mata kuliah ini bertujuan untuk memberi wawasan pemahaman dan keterampilan kepada mahasiswa tentang penyelenggaraan perdagangan internasional melalui kegiatan ekspor impor. Dalam mata kuliah ini dipelajari transaksi perdagangan internasional, kontrak penjualan, metode pembayaran internasional menggunakan Leter of Credit (L'C) / metode pembayaran non (UC), dokumen pengapalan, dokumen finansial, dokumen komersial, dokumen asuransi, prosedur ekspor, prosedur impor.

31.  Manajemen Investasi (3 SKS)

       Dalam mata kuliah ini, mahasiswa diajarkan tentang pengertian investasi, jenis-jenis investasi, pengenalan transaksi di bursa efek, teknik analisis saham baik analisis fundamental maupun analisis teknis sebagai pedoman dalam melaksanakan keputusan investasi pada surat berharga (sekuritas).

32.  Manajemen Produktivitas (3 SKS)

         Mata kuliah ini meliputi beberapa pokok bahasan seperti : pengertian produktivitas, hubungan produktivitas dan kualitas, pengukuran produktivitas. manajemen kualitas total (Total Quality Management), alat-alat manajemen kualitas total, serta trend/kecenderungan metode dalam manajemen produktivitas dan kualitas.

33.  Metodologi Penelitian Bisnis (3 SKS)

         Sebagai kelanjutan dari mata kuliah Metodologi Penelitian Sosial, maka melalui mata kuliah ni diharapkan mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan dan praktik membuat berbagai disain penelitian, melakukan kegiatan penelitian di lapangan, menganalisis data, serta menghasilkan suatu laporan penelitian terutama penelitian ilmiah di bidang Ilmu Administrasi Bisnis.

34.  Bisnis Internasional (3SKS)

         Dalam mata kuliah ini akan dibahas tentang teori perdagangan internasional, lingkungan bisnis internasional, bentuk-bentuk kegiatan bisnis internasional, rintangan perdagangan beberapa prosedur ekspor-impor, strategi global memasuki bisnis internasional, kerja sama international serta neraca - Pembayaran dan sistem moneter internasional.

35.  Keuangan Internasional (3 SKS)

         Mata kuliah ini membahas pengetahuan tentang globalisasi bisnis di bidang manajemen keuangan. Fenomena perusahaan multinasional membawa implikasi dalam bidang keuangan terutama menyangkut merger dan akuisisi. Pemahaman tentang sumber-­sumber pendanaan internasional akan membuka wawasan mahasiswa dalam lingkungan persaingan bisnis. Dalam kuliah ini juga dibahas tentang integrasi vertikal, integrasi horisontal dan holding company.

36.  Seminar Kebijakan Dan Strategi Bisnis (3 SKS)

       Mata ajaran ini membahas isu-isu dan kasus-kasus aktual yang berkaitan dengan proses penyusunan strategi sejak dari penilaian hasil yang dicapai perusahaan selama ini, analisis terhadap lingkungan internal dan eksternal dengan pendekatan analisis SWOT, anaii5 portofolio bisnis, penetapan berbagai alternatif strategi perumusan dan Penerapan kebijakan perusahaan.

37.  Pasar Modal (2 SKS)

       Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mahasiswa memperoleh wawasan dan pengetahuan tentang pentingnya peran pasar modal dalam perdagangan saham dan obligasi. Pokok bahasan mata kuliah ini mencakup pengertian pasar modal, klasifikasi pasar sekuritas, jenis saham dan obligasi, proses jual beli saham serta mekanisme pengaturan pasar sekuritas.

38.  Cyber Marketing (2 SKS)

         Mata kuliah ini membahas tentang praktik manajemen pemasaran secara elektronik dengan memanfaatkan teknologi berbasis jaringan peralatan digital. Akan dibahas tentang karakteristik lingkungan ekonomi digital, evolusi e-Business di perusahaan, type-type transaksi e-Commerce, mekanisme transaksi di internet, aspek hukum dalam transaksi di internet, serta mengembangkan strategi pemasaran di dunia maya.

39.  SDM Internasional (3 SKS)

         Materi yang diberikan berhubungan pengertian dan perbedaan antar negara yang berpengaruh pada SDM internasional, memperbaiki penugasan internasional melalui seleksi karyawan, pelatihan khusus untuk calon-calon penugasan luar negeri. Hal-Hal yang menjadi pertimbangan utama dalam merumuskan rencana kompensasi bagi karyawan luar negeri, repatrasi karyawan dad luar negeri, dan upaya mengembangkan komitmen karyawan dalam satu filosofi korporasi.

40.  Bisnis  Retail (2 SKS)

       Secara umum mata kuliah ini mengkaji tentang pengelolaan bisnis retail pada berbagai sektor, tipe dan skala. Dalam mata kuliah ini dipelajari ruang lingkup pentingnya bauran retail, strategi competitive positioning, perencanaan stroke, spesifikasi produk, disain layout dan layanan store.       

41.  Manajemen Kinerja (3 SKS)

       Topik yang dibahas yaitu filosofi, konsep-konsep dasar, model-model pengukuran kinerja, standar penilaian, tujuan dan manfaat, efektivitas penilaian kinerja, serta pemanfaatan hasil penilaian kinerja untuk pengembangan karier SDM.

42.  Manajemen Perubahan (2 SKS)

Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keahlian mahasiswa dalam memahami dampak perubahan dalam organisasi. Dalam kehidupan nyata, proses perubahan sering tidak sesuai dengan yang diharapkan. Mata kuliah ini diharapkan mampu memberikan dasar pengetahuan kepada mahasiswa tentang pentingnya perubahan dalam organisasi, faktor apa dalam organisasi yang perlu dirubah, bagaimana perubahan perlu dilaksanakan, siapa orang-orang yang terlibat dalam proses perubahan, kapan proses perubahan perlu dilakukan, dan aspek lain yang berkaitan dengan pengelolaan perubahan dalam organisasi.

43.  Manajemen Pengetahuan (3 Sks)

 

Mata kuliah ini menyelaraskan konsep Knowledge Management berbasis Knowledge Systems pada Information Technology dengan metode Information Systems Development. Selain itu mata kuliah ini juga mengindentifikasi peluang peluang yang ditawarkan dari kemajuan teknologi informasi untuk diterapkan pada perusahaan,  dalam memfasilitasi terselanggaranya knowledge creation model SECI Nonaka.

 

 

44.  Bisnis Pariwisata  (2 Sks)

 

Mata kuliah ini membahas konsep Bisnis Pariwisata melalui langkah analisis lingkungan internal dan eksternal, penyusunan visi, misi dan tujuan, pemilihan strategic generic, strategi corporate, strategi fungsional, staffing dan penyusunan desain organisasi serta pengukuran kinerja bisnis perusahaan.

 

45.  E-Business (3 Sks)

       Mata kuliah E-business memfokuskan terhadap perkembangan sistem e-business dewasa ini serta mempelajari peluang-peluang yang ada serta penerapannya dalam kondisi riil.

 

46.  Manajemen Event ( 3 Sks)

Mata kuliah ini membahas tentang kegiatan Public Relations yaitu bagaimana Public Relations mengorganisasikan sebuah Event yang berkaitan dengan tujuan kerja Public Relations. Event-event tsb. Berhubungan dengan publsitas yang dilakukan oleh Public Relations di antaranya penyelenggaraan seminar, lokakarya, pameran, launching produk dll.

47.  Pendidikan Anti Korupsi ( 2 Sks)

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan yang akan mengajarkan pengetahuan seputar kasus korupsi yang semakin sering terjadi. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat melakukan analisis tentang kasus-kasus korupsi yang tidak terlepas dari adanya personal power maupun kesempatan korupsi yang didapat karena system politik yang berlaku.

48.  Strategi Pemasaran Global (3 Sks)

Mata kuliah ini menjelaskan tentang konsep-konsep pemasaran ditinjau dari strateginya untuk memasuki pasar internasional. Dengan demikian, setelah selesai mempelajari mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu menganalisis perkembangan pasar yang bersifat nasional kea rah pasar global akibat pengembangan dan pemasaran produk secara massal dan berskala besar untuk kegiatan pemasaran internasional.

 

 

 

Kelompok MPB

 

 

49.  Komunikasi Bisnis (3 Sks)

 

Mata kuliah ini mengajrakan teknik berkomunikasi yang efektif dalam konteks bisnis agar mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan hakekat dan teknik komunikasi bisnis yang efektif.

 

Melalui mata kuliah ini para mahasiswa memperoleh pengetahuan tentang : hakekat komunikasi bisnis, bentuk-bentuk komunikasi bisnis, factor-faktor yang menentukan keberhasilannya, serta bagaimana merancang dan melaksanakan penyampaian psan yang efektif kepada para pemangku kepentingannya.

 

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu merancang pesan komunikasi bisnis dan menyampaikannya secara efektif.

 

50.  Negosiasi Bisnis (3 Sks)

 

Mata kuliah ini dirancang untuk mendemonstrasikan fungsi negoisasi dalam bisnis : seperti mengembangkan kemampuan negoisasi bisnis yang komprehensif, kemampuan serta kecakapan yang dibutuhkan untuk memenangkan negoisasi dalam bisnis dan organisasi, memberikan pengertian keterkaitan ilmu hokum dengan negoisasi bisnis.

 

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi masalah-masalah, mencari solusi, inovasi, serta kemampuan berpikir kreatif dalam bernegoisasi untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan.

 

 

51.  Perilaku Organisasi (3 Sks)

 

Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman tentang mekanisme terbentuknya perilaku individu dan kelompok dalam organisasi.Mata kuliah ini membahas aspek teoritis dan konseptual mengenai perilaku individu dan kelompok dalam konteks dinamika organisasi agar mahasiswa dapat memahami dan mengidentifikasi perilaku individu, perilaku kelompok, dan dinamika organisasi dalam upaya peningkatan produktivitas dan kepuasan kerja.Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu memahami dan mengidentifikasi dan mempengaruhi perilaku individu, perilaku kelompok, dan dinamika organisasi dalam upaya peningkatan produktivitas dan kepuasan kerja.

 

52.    Praktek Magang (2 SKS)

         Praktek magang ini merupakan mata kuliah yang bersifat praktis dengan tujuan agar mahasiswa bisa mengaplikasikan ilmu yang diperoleh sesuai dengan bidang ilmu masing-masing.

53.   Skripsi (6 SKS)

       Melatih mahasiswa secara mandiri memantapkan seluruh pengetahuan yang diperolehnya dalam bidang Ilmu Administrasi Bisnis melalui penelitian dan menuli3kannya dalam bentuk skripsi. Dalam penyusunan skripsi pilih dipilih salah satu topik dan mengkonsultasikannya dengan dosen pembimbing serta mempertahankannya di depan Dewan Penguji

54.   Studi Ekskursi (3 SKS)

       Dalam upaya memberikan bekal kepada mahasiswa untuk terjun ke dunia kerja serta untuk lebih mendekatkan dunia akademis dengan dunia industri, mahasiswa dibawa untuk melihat bagaimana proses yang terjadi pada dunia industri serta sejak mulai dari menciptakan produk sampai dengan mendistribusikan produk kepada konsumen Dengan demikian, diharapkan mahasiswa akan mampu membandingkan antara teori yang diterima di bangku kuliah dengan praktik nyata di lapangan.

 

Kelompok MBB

 

55.  Kewarganegaraan (3 Sks)

 

Mata kuliah ini membahas posisi warganegara, korporasi, dan negara, sebagai system yang terintegrasi untuk meningkatkan daya saing bangsa. Mata kuliah ini menjelaskan tentang hak-hak dan kewajiban warganegara, peranan bisnis dalam mencapai tujuan nasional.Setelah mempelajari matakuliah ini mahasiswa akan mempunyai identitas diri sesuai dengan identitas bangsa Indonesia, agar dapat berperan serta dalam pembangunan bangsa melalui kegiatan bisnis.

 

 

56.  Etika Bisnis (3 Sks)

 

Mata kuliah ini membahas perlunya peningkatan kepekaan etis utamanya di kalangan bisnis. Mata kuliah ini menjelaskan teknik analisis “stakeholders” untuk mencapai keseimbangan (balanced scorecard) antara kinerja ekonomis dan kinerja etis, kepedulian terhadap karyawan, pelanggan, masyarakat sekitar, umat manusia, generasi penerus dan lingkungan alam; bahwa sikap menjungjung tinggi hukum (legalisme) saja tidak mencukupi untuk meningkatkan kinerja etis, sehingga utilitarisme, hak asasi manusia dan keadilan perlu dijadikan patokan etis untuk mengukur perilaku administrasi bisnis.

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu membuat keputusan bisnis yang berdimensi etis.

 

 

 

57.  Praktek Bisnis di Indonesia (3 Sks)

 

Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai praktek bisnis di Indonesia masa kini dan hubungannya dengan aspek kesejahteraan yang membentuknya.Oleh karena itu dalam mata kuliah ini dibahas pula konsep-konsep sejarah, kekuatan social cultural, gerakan dan perjuangan bangsa Indonesia khususnya dalam bidang ekonomi dan bisnis, mulai dari peran ekonomi kerajaan-kerajaan di wilayah Nusantara sebelum abad pertengahan, bangkit dan berakhirnya VOC, sepak terjang Serikat Dagang Islam, dinamika perekonomian terpimpim dalam Orde Lama dan muncul dan berkembangnya perekonomian Orde Baru, dinamika bisnis keluarga, serta praktek bisnis di Indonesia masa kini.Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan konsep dasar untuk memahami perilaku ekonomi dan bisnis di Indonesia yang tumbuh pada saat ini.

 

58.  Bahasa Indonesia (3 Sks)

 

Mata kuliah ini mempelajari hakekat penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menulis karya ilmiah.Mata kuliah ini mengajarkan mengenai hakekat menulis karya ilmiah dan kelaziman dalam penulisan ilmiah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu menuangkan idea tau gagasan dalam bahasa Indonesia secara logis, baik dan benar.

 

 

59.  Bahasa Inggris (3 Sks)

Mata kuliah ini dirancang dengan asumsi bahwa komunikasi bisnis internasional akan selalu menurut para pelaku bisnis untuk menguasai kemampuan pemahaman dan ekspresi berbahasa Inggris secara lisan dan tertulis.

 

Mata kuliah ini mencangkup bagaimana memahami bacaan, mengidentifikasi dan memahami kata, frasa, atau kalimat dalam percakapan, membiasakan diri dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris, menggunakan tata bahasa dengan benar, dengan menggunakan tema-tema mengenai hal-hal yang berhubungan dengan bisnis.

 

Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berbicara, membaca, mendengarkan, dan menulis dalam bahasa Inggris

 

60.  Ilmu Sosial Budaya Dasar (3 SKS)

 Dengan mempelajari Ilmu Sosial Budaya Dasar ini diharapkan para mahasiswa dapat menemukan berbagai sikap, nilai harga diri dan sifat kemanusiaan yang sangat bermanfaat untuk memperdalam dan memperluas persepsi tanggapan, wawasan dan penalaran.

61.  Pengantar Ilmu Politik (3 SKS)

       Dalam mata ajaran ini para mahasiswa diharapkan akan mampu memahami konsep-­konsep dasar ilmu politik. Untuk mencapai tujuan ini para mahasiswa akan diajak mempelajari konsep-konsep berikut ini : politik, pemerintahan, kekuasaan, legitimasi, negara, bangsa, integrasi politik, ideologi, partai politik, keputusan politik, sistem politik (demokrasi, totaliter, autokrasi) dan sistem ekonomi (kapitalisme dan sosialisme) serta struktur dan peranan politik.

62.  Kuliah Kerja Nyata (2 SKS)

       Mata ajaran ini merupakan kegiatan praktik di tengah kehidupan masyarakat dengan mengintegrasikan kegiatan-kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai perwujudan dharma ketiga dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Melalui mata ajaran ini mahasiswa akan belajar bekerja dan berkarya secara mandiri (baik dalam bentuk kegiatan individu maupun kelompok) dalam kerangka pemikiran interdisipliner untuk pengembangan kemampuan dalam aspek kognisi, afeksi maupun psikomorik sehingga mahasiswa lebih siap berkarya di lingkungan social.

63.  Ilmu Kealaman Dasar (3 Sks)

Mata kuliah ini akan mengajarkan kepada mahasiswa tentang Ilmu Kealaman Dasar yang dapat membentuk berbagai sikap, nilai harga diri, dan sifat alamiah dari alam semesta dan bermanfaat pengayakan wawasan, pendalaman intensitas pemahaman dan penghayatan terhadap lingkungan dan alam semesta.

 

 

сияющая пудра отзывывихревой насос купить в харьковеФильчаков прокурор харьковntcn bynthytnfкак доставить товар из китая